Manfaat ADVERTISING/PERIKLANAN Bagi Kebutuhan Perusahaan
16 November 2018

Apa benefit digital advertising bagi bisnis Anda? Di tahun 2016, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta orang. Sedangkan pengguna internet,  di tahun yang sama, berjumlah 132 Juta. Padahal di tahun 2016, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta orang. Sedangkan pengguna internet,  di tahun yang sama, berjumlah 132 Juta. Padahal, jumlah pengguna internet di tahun 2014 hanya sejumlah 88 juta. Pertumbuhan pengguna internet kurun waktu 1 tahun mencapai 51,8%.

Apa hubungan digital advertising dan angka-angka tersebut?

Secara umum, ada dua jenis advertising, yaitu traditional advertising dan digital advertising. Tradisional advertising cocok digunakan untuk pebisnis dengan target konsumen lokal. Jenis advertising ini menarik konsumen supaya datang dan membeli barang ke lokasi pebisnis.

Berbeda dengan digital advertising. Strategi pemasaran seperti demikian akan memperluas daya jangkau bisnis. Bahkan kalau mau, Anda bisa menjangkau 132 juta pengguna di internet melalui digital advertising

Apabila Anda masih memakai traditional advertising, tentu hal tersebut amat sulit terealisasi. Bisa jadi mungkin, tetapi Anda membutuhkan dana yang amat besar.

Selaras akan hal tersebut, berikut 5 keuntungan menggunakan digital advertising untuk bisnis?

Digital Advertising: Efektivitas Biaya

Traditional advertising sangat bergantung dengan paper (brosur, poster, dll). Akibatnya, biaya yang dikeluarkan pun cukup mahal. Selain itu, Anda pun harus mengeluarkan dana lebih besar bila ingin berekspansi. 

Ilustrasinya, Anda harus mengeluarkan dana untuk mendesain ulang, mencetak ulang, dan menyebarkan.

Sekarang bayangkan. Beda daerah, beda bahasa atau budaya target market kan? Mau tidak mau Anda harus mencetak ulang media pemasaran supaya informasi produk atau service Anda diterima secara tepat oleh calon konsumen. 

Jauh lebih hemat memakai digital advertising.

Media pemasarannya yaitu internet, melalui halaman google atau media sosial. Apabila Anda ingin berekspansi, cukup desain ulang konten lalu ubah segmen target. Iklan Anda pun siap disebarluaskan kembali.

Lebih Dekat ke Channel Konsumen

Anggap saja target Anda adalah anak muda. Anda cukup menerapkan teknik digital marketing di media sosial (Facebook Ads atau Instgram Ads). Alasannya? 51% anak muda mengakui bahwa minimal 3 jam lebih menghabiskan waktu di media sosial. 

Anda hanya perlu memoles konten digital marketing sesuai target, maka hasilnya pun akan berbuah manis.

Digital advertising memberi kemudahan bagi pebisnis untuk langsung berinteraksi di channel konsumen. Ketepatan memilih media sosial, situs-situs forum, serta target keyword di halaman pencarian akan meningkatkan persentase efektivitas pemasaran. 

Bisnis Berpotensi Viral

Melalui digital advertising, setiap bisnis berpotensi viral. Contohnya Miacih. Tentu Anda mengenalnya, bukan? Menurut marketing.co.id, Maicih pandai soal digital marketing. Pihak Maicih memilih media sosial sebagai channel pemasaran.

Hasilnya? Brand Maicih pun viral dan menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. 

 

Ada pula brand Nasty Gal Sophia Amoruso”. Berkat kejeliannya memanfaatkan digital advertising, Sophia Amoruso mempu memperluas bisnisnya, bermula dari lapak di Ebay hingga memiliki retail di LA dan di beberapa negara dengan penghasilan $300 juta.

Siapa pun Menjadi Target Market

Digital advertising akan menuntun Anda menemukan target market yang sesuai. Misalnya saja memilih channel media sosial. Anda akan memperoleh data mengenai demografi, perilaku, gatya hidup, ketertarikan, hingga koneksi calon konsumen.

Setelah menentukan seperti apa persona konsumen, Anda hanya bisa perlu mendesain konten digital marketing dan mengatur alokasi budget untuk digital advertising. Dan, booom! Produk Anda akan dilahab habis oleh konsumen.

Kemudahan Mengakses Data dan Informasi Pemasaran

Semua channel digital advertising memperbolehkan pengiklan untuk melihat data dan informasi. Anda bisa mengetahui informasi pribadi  siapa saja pembeli” produk, seperti demografi, gaya hidup, hingga kebiasaan sehari-hari.

Bahkan, di awal pertemuan Anda dengan digital advertising, Anda sudah bisa mengakses informasi-informasi tersebut. 

Satu lagi keuntungan ketika Anda menggunakan digital advertising, Anda memiliki kemudahan untuk mengubah format iklan dan meningkatkan efektivitasnya bila skenario iklan sebelumnya belum optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *